gambar link

Menangkap Potensi Bisnis Dibalik Fenomena Jaket Jokowi, Begini Cara Uniknya

Blog Onformula
pic Menangkap Potensi Bisnis Dibalik Fenomena Jaket Jokowi, Begini Cara Uniknya

Demo 411 (4 November 2016) menjadi perhatian publik bukan saja karena jumlah peserta demonya yang begitu banyak hingga jutaan orang, tetapi juga karena demo itu berjalan tertib. Perhatian publik bukan cuma itu, ternyata tatkala Jokowi memberikan pernyataan pasca Demo 4 November, bukan isi pidatonya, tetapi Jaket Jokowi-lah yang mencuri perhatian ektra Netizen.

Pada saat memberikan siaran pers, presiden Jokowi tidak seperti biasanya dalam menggunakan busana yang dikenakan. Pada pertemuan pers di malam hari tersebut, Jokowi menggunakan jaket bertema bomber, yang nampak cukup keren dipakai presiden ke-7 Indonesia itu.

Yang menarik adalah, ternyata ada inspirasi bisnis di balik fenomena jaket Jokowi tersebut. Seperti apa inspirasi bisnis ini? Berikut ulasannya.

Cara Unik Putra Bungsu Jokowi

Saat ditelusuri kembali, terbongkarlah siapa sebenarnya “dalang” di balik tampilan keren sang presiden. Dia tidak lain adalah putra bungsu Jokowi, yaitu Kaesang Pangarep.

Ternyata Kaesang sendiri yang meminta sang ayah untuk memakai jaket bomber tersebut. Daripada menggunakan seragam rutin, seperti kemeja putih ataupun batik, Kaesang menilai akan lebih pas jika sang ayah memakai jaket tersebut. Ternyata benar, tanggapan dari publik terkait penampilan Jokowi mampu menjadi viral dan dibicarakan
banyak orang.

Menariknya lagi, keadaan ini dimanfaatkan oleh Kaesang untuk menjalankan marketing bisnis dengan cara yang sangat cerdas. Setelah netizen ramai membicarakan tentang jaket Bomber Jokowi, tak lama Kaesang dengan terbuka menyatakan akan memberitahu dimana tempat untuk mendapatkan jaket keren seperti yang dipakai oleh sang ayah.

Dalam sebuah tweet di akun Twitter pribadinya, Kaesang menulis:

“Yg pengen tau jaketnya beli dmn, silahkan mampir @markobar1996 @MOMMILK_SOLO @CeKopi @Pastabuntel @CakarDheer @Chilli_Pari dulu.”

Sontak pengguna Twitter ramai membicarakan twit tersebut.

Beginilah kondisi yang disebutkan sebagai kecerdasan memanfaatkan peluang untuk melakukan marketing online. Dari langkah sederhananya meminta sang ayah untuk memakai jaket, ia bisa memperkenalkan beberapa brand sekaligus dan tentunya masih berafiliasi dengan Kaesang.

Mungkin, banyak dari pembaca yang berpikir bahwa hal itu bisa terjadi karena yang dibicarakan adalah seorang presiden dan anaknya. Tentu akan berbeda, bila hal ini terjadi pada orang biasa. Mungkin tidak akan memberikan efek sebesar itu.

Apakah benar pemikiran seperti itu? Pada kenyataannya tidak selalu! Sebab yang terpenting adalah bagaimana menghadirkan sesuatu dengan cara yang kreatif. Sebagai bukti, kita sering mendapati berita viral bahkan dialami oleh orang-orang biasa di sekitar kita.

Fenomena Marketing Internet

cerdas memanfaatkan tren untuk bisnis onlineDalam uraian Phillip Kotler, salah seorang pemerhati marketing dunia, internet marketing adalah bagian penting yang tidak bisa dilewatkan oleh pelaku bisnis saat ini. Sekarang bukan lagi bersaing memenangkan fasilitas tradisional seperti dulu, tetapi hampir semua lini bisnis mulai bergerak ke arah yang sama yakni pemanfaatan internet.

Bila dihubungkan dengan cara Kaesang memanfaatkan viral pemakaian jaket Jokowi, itu merupakan salah satu bentuk upaya branding secara online.

Sekarang kita tidak lagi dapat melakukan branding dengan mengatakan sebuah produk yang kita miliki baik atau menarik. Cara branding yang berlaku sekarang ini adalah, ketika banyak orang yang mengatakan bahwa produk kita baik dan menarik maka branding kita berhasil. Jadi yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mempengaruhi publik atau pasar untuk tertarik dengan produk kita, kemudian dari mereka-lah orang lain akan tahu kelebihan produk kita.

Pada beberapa kasus marketing online, mungkin kita juga melihat kegagalan ketika sebuah brand besar sudah mengeluarkan dana dalam jumlah yang besar juga, namun tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Lagi-lagi masalahnya adalah, bagaimana kita bisa membungkus upaya marketing tersebut dengan lebih kreatif agar mampu diterima dengan
baik oleh konsumen.

Berbicara tentang kreativitas, salah satu langkah yang paling mudah memang seperti yang dilakukan oleh Kaesang. Yakni memanfaatkan apa yang sedang banyak dibicarakan oleh orang lain atau bahasa sederhananya cerdaslah membaca tren.

Sebagai contoh nyata, dalam kasus yang sama terkait dengan jaket Jokowi, kita juga bisa memperkenalkan jaket Bomber serupa dengan beberapa keunggulan seperti harga atau model yang beragam. Yang terpenting adalah kita sudah memanfaatkan apa yang sedang menjadi perhatian publik.

Namun harus diperhatikan juga, terkadang bisa jadi tren tidak selalu bertahan lama. Oleh karena itu lagi-lagi kecerdasan melihat sebuah trend, menjadi kemampuan yang mutlak harus dimiliki oleh seorang internet marketer.

  • Yuk, Bagikan/Share Artikel Ini:

Related Posts you may like