gambar link

Inilah 5 Makanan Yang Bisa Mempercepat Penuan Dini [Hati-hati]

Blog Onformula
pic Inilah 5 Makanan Yang Bisa Mempercepat Penuan Dini [Hati-hati]

Memang, menjadi tua adalah proses alami manusia. Namun, bila usia tidak sebanding dengan penampilan, misal usia baru 30 tahun tapi sudah seperti orang usia 40 tahun, tentu tidak kita inginkan. Lebih lagi bila itu sudah menyangkut kesehatan. Ogah kan, kalau penampilan lebih tua dari usia, dah gitu banyak keluhan penyakit di badan?

Ya, ada banyak faktor yang dapat mempercepat proses penuaan. Salah satunya adalah makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Nah, hati-hati, berikut ini daftar makanan yang bisa membuat kita lebih cepat tua (penuaan dini).

1. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji yang digoreng dengan minyak sayur dalam jumlah banyak, mengandung lemak trans. Lemak trans di dalam tubuh akan menyumbat dan membuat pembuluh darah juga arteri menjadi kaku. Inilah yang membuat kulit terlihat lebih tua.

makanan cepat saja dapat mempercepat penuaan dini

Makanan instant seperti ayam goreng cepat saji, kentang goreng cepat saji, pie atau aneka cake, mengandung lemak trans yang berfungsi mengawetkan, memperkuat tekstur dan menguatkan citarasa makanan.

Selain disitu, lemak trans dalam makanan juga didapatkan di minuman kemasan cepat saji, martabak, kue tart, crackers, donuts, sandwich dan lain sebagainya.

Lemak trans yang terdapat pada makanan cepat saji ini, tidak baik bagi tubuh.  Nah, bila Anda tidak ingin cepat tua, hindari makanan tersebut.

2. Kopi

Jika anda tidak ingin terkena musibah penuaan dini, kata dr Deborah Wattenberg, dermatolog asal New York, salah satunya adalah menghindari konsumsi kopi berlebih.

kopi dapat menyebabkan penuaan dini

Lebih jauh, dr Deborah mengatakan kafein sangat berperan penting menyebabkan kulit keriput. Hal tersebut karena kafein bertindak sebagai diuretik yang bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak cairan. Akibatnya, kulit akan tampak kering dan kusam. Selain itu, kafein yang ada pada kopi akan membuat banyak orang yang terjaga dalam waktu lebih lama. Kebiasaan ini lama kelamaan akan membuat kita susah tidur. Akibatnya, tubuh kita pun akan kehilangan banyak cairan, dan penuaan dini tidak bisa dihindari lagi.

Jika anda pecinta kopi sejati, tentu saja sulit menghilangkan kebiasaan minum kopi secara langsung. Selain semangat anda akan berkurang, berhenti ngopi secara tiba-tiba, juga bisa menyebabkan anda kesulitan untuk berkonsentrasi dan kehilangan mood. Untuk itu, sebelum bisa meninggalkan kebiasaan ngopi usahakan untuk mengonsumsi air putih lebih banyak, dan usahakan tidur yang cukup.


3. Daging olahan

Salah satu jenis daging olahan yang tergolong sebagai penyebab penuaan dini adalah sosis. Makanan yang enak dan praktis untuk disajikan ini dapat memicu resiko kanker kolorektal. Zat N-nitroso yang terkandung di dalamnya bersifat karsinogenik. Zat ini merupakan bahan tambahan nirit yang dicampurkan dengan daging olahan.

daging olahan yang bisa menyebkan penuaan dini

Selain sosis, daging ham atau bacon, dan semua daging yang diproses, bisa menimbulkan dua masalah. Pertama, mereka mengandung sulfit dan pengawet lainnya yang menyebabkan peradangan di kulit. Kedua, mereka mengandung sejumlah besar garam. Kedua hal ini bisa membuat kulit merah, bengkak, terlihat tidak sehat terutama di bagian wajah.

Terlalu sering mengonsumsi daging olahan dapat meningkatkan kadar garam dan sulfat dalam tubuh Anda. Dua unsur ini bertanggung jawab untuk kerusakan kulit sehingga tampak tua. Sulfat akan menyebabkan pembengkakan di kulit, sedangkan garam memicu kulit kemerahan dan paras wajah tampak tidak sehat.

4.  Soda

minuman bersoda bisa sebabkan penuaan dini
Sebuah penelitian menunjukkan mengonsumsi 20 ons soda setara dengan 4 sampai 6 tahun penuaan. Berikut ini beberapa alasan soda menyebabkan penuaan dini yang dikutip dari Boldsky:

Efek kromosom

Ekor kromosom kita yang disebut telomere, bertanggung jawab untuk proses penuaan. Seiring pertambahan usia, panjang telomere menyusut. Setiap orang yang meminum soda atau minuman manis lainnya secara teratur, cenderung memiliki telomeres yang lebih pendek, yang membuat proses penuaan melanjutkan cepat.

Regenerasi sel lambat

Pembentukan dan kematian sel-sel berada di bawah kendali kromosom. Regenerasi sel akan menjadi sulit dengan telomere pendek, yang diakibatkan oleh soda.

5. Makanan yang asin dan  Makanan berkarbohidrat dengan indeks glikemik tinggi

makanan asin dapat mempercepat penuaan

Makanan asin

Ya, tak sedikit orang mengatakan bahwa kurang garam membuat makanan jadi hambar. Banyak dari mereka yang kemudian memberi garam dalam jumlah yang banyak pada makanannya. Padahal memberi garam berlebih membuat hilangnya rasa makanan yang sebenarnya pada makanan tersebut.

Disamping itu, makanan yang asin dapat membuat kulit lebih cepat tua. Para peneliti menemukan bahwa kelebihan garam dapat mempercepat penuaan sel, serta meningkatkan kemungkinan penyakit jantung. Kurangi asupan garam untuk menjaga kulit tetap awet muda.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi 

Indeks glikemik adalah ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan, semakin cepat dampaknya terhadap kenaikan gula darah. Makanan berkarbohidrat dengan indeks glikemik tinggi, jika diasup berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan, demikian menurut situs American Diabetes
Association.

Makanan yang mengandung karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi, seperti kentang panggan, roti, nasi putih, dapat menaikkan gula darah Anda dengan cepat dan berkontribusi untuk penuaan yang cepat pula. Mengapa demikian? ini karena proses tubuh Anda memecah gula yang sebenarnya merusak kolagen, protein yang menjaga kulit tetap lembut dan kencang.

Itulah 5 daftar makanan yang bisa menyebabkan penuaan dini. Ya, menjadi tua itu sudah pasti, namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperlambat kulit terlihat tua. Selain dari produk perawatan kulit, menjaga gaya hidup sehat lewat berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat teratur membuat perubahan besar pada kulit Anda.

  • Yuk, Bagikan/Share Artikel Ini:

Related Posts you may like