gambar link

Gejala Kanker Payudara Stadium Awal yang Wajib Dikenali

Blog Onformula
pic Gejala Kanker Payudara Stadium Awal yang Wajib Dikenali

Bagi wanita, kanker payudara merupakan penyakit yang cukup menakutkan. Sebagian besar kasus kanker payudara, diketahui setelah muncul benjolan pada payudara. Padahal, ada beberapa tanda lain yang jarang diperhatikan, yang mengindikasikan hadirnya kanker payudara. Kurangnya kewaspadaan serta pengetahuan tentang gejala lain dari kanker payudara, membuat penyakit itu berkembang tanpa diketahui.

Meskipun penyebab kanker payudara masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya bila kita lebih waspada terhadap penyakit ini. Para wanita tetap disarankan menjaga pola makan dan menjalani hidup sehat. Rajinlah melakukan SADARI -pemeriksaan payudara sendiri. Lebih-lebih bagi wanita yang merasa berpotensi terkena kanker karena ibu atau kerabat mereka ada yang terkena kanker payudara.

Kanker payudara stadium awal merupakan kanker payudara stadium 1, di mana benjolan kanker pada payudara berukuran 2 cm atau lebih kecil. Benjolan ini masih belum menyebar ke kelenjar getah bening di bagian ketiak.

Gejala Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui

Setiap wanita, baik yang memiliki risiko terkena kanker payudara, maupun yang tidak, tentu tidak ada salahnya untuk mengenali gejala kanker payudara. Sehingga bila dicurigai adanya sel kanker yang tumbuh, Anda tidak terlambat untuk mengobatinya. Harap disimak ciri-ciri kanker payudara stadium awal (stadium 1) berikut ini.

1. Munculnya benjolan di payudara

Benjolan di sekitar payudara merupakan salah satu tanda atau ciri paling awal yang harus Anda perhatikan. Benjolan ini tidak selalu terasa sakit. Meski begitu, tidak semua benjolan yang muncul merupakan benjolan kanker payudara. Untuk membedakan mana benjolan yang kemungkinan besar adalah kanker payudara dan mana yang bukan, berikut ini beberapa karakteristiknya.

Benjolan Yang Kemungkinan Kanker

  • Benjolan terasa keras
  • Benjolan tidak terlalu nampak; tidak mudah dibedakan
  • Benjolan tetap di payudara; tidak bergerak
  • Hanya ada satu benjolan
  • Tidak ada benjolan yang sama di payudara sebelahnya
  • Kulit payudara berlesung pipit
  • Benjolan disertai dengan keluarnya cairan

Benjolan Yang Kemungkinan bukan Kanker

  • Benjolan lunak
  • Benjolan nampak jelas; mudah dibedakan
  • Benjolan bergerak di payudara
  • Ada beberapa benjolan payudara
  • Ada benjolan di payudara sebelahnya.
  • Benjolan menghilang setelah siklus menstruasi

Nah, dengan mengetahui perbedaan benjolan yang kemungkinan gejala kanker dan yang bukan kanker, akan lebih mudah bagi wanita untuk melakukan tindakan selanjutnya. 

2. Bengkak atau Adanya Perubahan Ukuran dan Bentuk Payudara

Tanda umum kedua dari kanker payudara adalah adanya kenehan bentuk dan ukuran dari salah satu payudara. Bila dalam SADARI, Anda melihat adanya perubahan ukuran dan bentuk payudara yang tidak biasa, bahkan terasa sakit, perlu Anda waspadai.

3. Perubahan puting yang Abnormal

Sel kanker biasanya menyebabkan puting menjadi retraksi, atau puting yang abnormal. Pada penelitian terbaru, tujuh persen wanita yang terdiagnosis kanker payudara, tercatat mengalami puting yang abnormal.

Normalnya, puting susu biasanya menonjol ke depan (timbul). Meski pun sedang mengecil setidaknya dia akan sejajar dengan kulit. Bila didapati puting susu menukik ke dalam dan tidak sewajarnya, patut lah diwaspadai, bisa jadi itu pertanda awal dari kanker payudara.

4. Perubahan Kulit Seperti Kulit Jeruk

Kulit yang agak kasar dan terasa lebih tebal dari biasanya, mengindikasikan adanya kanker payudara. Hal ini disebabkan karena sel kanker memblokir saluran penghubung kulit dan jaringan payudara, yang berdampak pada perubahan kulit di sekitarnya.

5. Payudara Nampak Kemerahan dan Bengkak

Warna kulit sekitar payudara seperti memerah, bengkak, atau terlihat gelap di salah satu sisi dan bagian tertentu pada payudara, merupakan salah satu tanda awal kanker payudara. Bila Anda mengalami ini, sebaiknya anda mulai berkonsultasi pada dokter spesialis terkait.


6. Cairan puting

Selain perubahan bentuk puting, biasanya puting mengeluarkan cairan yang tidak biasa. Jika cairan tersebut keluar meski tanpa Anda tekan, terlebih ada tambahan nanah dan darah, segera periksa ke dokter.

 

Keenam ciri, tanda, atau gejala kanker payudara stadium 1 bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

gejala kanker payudara stadium 1 atau setadium awal

Nah, bila sudah paham tentang gejala awal kanker payudara, setiap wanita diharapkan sering-sering melakukan SADARI, paling tidak sebulan sekali, sehingga bila ada gejala yang dicuriagi sebagai kanker, bisa segera dikonsultasikan ke dokter. Penangan yang tepat sejak dini, membuat penyakit bisa diatasi dengan lebih mudah.

  • Yuk, Bagikan/Share Artikel Ini:

Related Posts you may like