gambar link

Cara Membuat Website Untuk Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Blog Onformula
pic Cara Membuat Website Untuk Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Langkah-langkah Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Apa itu bisnis online? Mungkin itu hal yang pertama perlu kita bahas. Arti bisnis online memang sangat luas, namun disini bisa kita sederhanakan pengertiannya.

Bagi saya, bisnis apapun yang dijalankan menggunakan media internet sudah bisa dikatakan sebagai BISNIS ONLINE.

Sebagai misal kita sudah punya usaha toko baju, toko mainan, toko makanan, atau apapun, kemudian kita buka juga di internet, itu bisa menjadi bisnis online.

Bila kita tidak mempunyai produk untuk dijual di internet, tetapi kita ingin memiliki bisnis online, kita bisa menjualkan produk orang lain. Istilahnya kita menjadi reseller atau affiliasi dari orang yang menjual produk tertentu. Sekarang banyak sekali orang yang menawarkan peluang untuk menjadi reseller dengan berbagai macam produk, mulai dari pakaian,
alat-alat kecantikan, produk kesehatan, mainan, dan sebagainya.

Banyak penawaran reseller gratis dengan keuntungan yang sangat menjanjikan. Tinggal kita memilih mana yang menjadi minat kita, sehingga apa yang kita jalankan menjadi menyenangkan disamping keuntungan yang kita dapatkan.

Banyak orang di luaran sana -termasuk saya- yang sedang menjalankan bisnis online, bahkan bisnis ini sebagai sumber penghasilan utamanya. Bila ini yang juga Anda inginkan, Anda bisa mencoba memulainya. Pelajari uraian berikut ini.

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Online

Kita tahu bahwa internet yang saat ini memunculkan dunia maya, ternyata mampu mendorong kita untuk membangun bisnis dengan cepat dan bisa dijadikan sumber penghasilan utama kita.

Nah, disini saya ingin berbagi pengalaman kepada Anda tentang bagaimana saya mengawali usaha melalui internet, plus langkah-langkah yang diperlukan ketika memulai bisnis online. Tentu hal yang pokok saja yang sangat penting untuk dilakukan agar usaha Anda nantinya bisa langsung dijalankan.

Untuk itu, biarkan saya bercerita…

Dulu, pada tahun 2005 saya ikut sebuah bisnis MLM produk kesehatan, JBL, sudah lupa apa kepanjangannya. Namun seingat saya, itulah MLM pertama yang saya ikuti menggunakan internet (hampir tidak memerlukan formulir pendaftaran sebagaimana layaknya MLM yang ada pada waktu itu). Input anggota dilakukan secara online oleh anggota yang lebih dulu bergabung. Perhitungan bonusnya pun sudah dapat diketahui secara real time, saat itu juga. Ini sangat menarik sekali. Kok enak sekali. Apalagi saat bonusnya cair setiap minggu, wah sedap sekali he he he ...

Setahun lebih menjalankan MLM melalui internet membikin minat saya kepada dunia maya kian tumbuh. Ingin punya website. Tapi pada waktu itu belum tau bagaimana caranya. Maka, muncul lah pertanyaan-pertanyaan di dalam
diri seperti:
Bisakah saya membuat bisnis online kepunyaan sendiri?
Langkah apa saja yang perlu saya tempuh supaya bisa memiliki bisnis online?
Besarkah modal yang dibutuhkan?
… dan segudang pertanyaan lainnya.

Meskipun tidak ada patokan baku langkah apa yang sebenarnya harus dilakukan, menurut saya secara singkat ada tiga hal utama yang bisa kita persiapkan. Apa saja langkah-langkah tersebut?

  1. Putuskan apa yang mau Anda jual.
  2. Buat lapak online, yaitu website
  3. Promosikan website yang merupakan lapak jualan online Anda.

Berikut ini penjabarannya, tetaplah menyimak…

Langkah Pertama,

Cara memulai bisnis online bagi pemula, cara membuat website, cara memilih produk
Pertama-tama adalah putuskan apa yang mau Anda jual.

Sebelum benar-benar menjalani bisnis online yang sesungguhnya, Anda harus berlatih menjual lewat internet terlebih dahulu.

Ye.. JU-A-LAN, JUALAN…!!!

Pikirkan, kira-kira apa yang mau Anda tawarkan ke orang lain lewat media online.

Nah ini resep pentingnya yang harus Anda ingat …

  • Carilah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, carilah apa yang dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar Anda.
  • Anda adalah problem solver, Anda adalah pemberi solusi dari permasalahan orang-orang.
  • Tukar manfaat yang bisa Anda berikan, menjadi sebuah bentuk transaksi yang saling menguntungkan.

Kebanyakan orang-orang salah langkah pada tahapan ini. Mereka terlalu berfokus pada produknya dulu, bukan pada kebutuhan orang-orang. Sehingga banyak yang tumbang sebelum mencapai penjualan pertama. Ih, tragis ...

Supaya ini ga terjadi pada kita, lakukanlah riset produk, dan sebisa mungkin carilah produk-produk yang cepat laku. Artinya banyak orang yang membutuhkan atau ada pasarnya.

Bukan apa-apa sih, kalau produk kita terlalu sedikit yang membutuhkan, biasanya kita akan mudah menyerah karena dagangan kita tidak kunjung laku. Sebaliknya, rasanya kegiatan jualan kita akan lebih greget serta terasa menggairahkan jika dikit-dikit HP kita berbunyi dari orang yang memesan produk atau jasa kita.

Ya atau ya…? ??

Nah soal jenis produk yang bisa kita pilih, bisa berbentuk produk fisik, jasa, ataupun digital.

Contoh produk fisik: sabun herbal, minyak lintah, obat herbal, jam tangan, smartphone, motor, mobil, makanan, pernak-pernik aksesoris, rumah dan bangunan, dan apa saja yang bisa Anda pegang.

Contoh barang digital: menjual ebook, produk-produk informasi, kursus online, software.

Contoh jasa: bisa dengan menyediakan jasa pembuatan website, jasa online marketing, rental mobil, agen tour & travel, agen umroh & haji, dan jasa-jasa yang lain.

Nah, berdasarkan pengalaman, langkah pertama ini adalah yang paling menentukan, bakal jadi atau nggak Anda memulai bisnis online.

Biasanya hambatan yang muncul pada tahap ini adalah, kadang kita menginginkan segala sesuatu sempurna. Dan sudah dapat ditebak, akhirnya malah nggak jalan-jalan.

Kalau saya boleh memberi masukan, untuk tahap awal ini Anda tidak usah terlalu detil dulu. Anda harus rela untuk menginvestasikan waktu, tenaga, dan juga uang, BUAT BELAJAR.

Mulailah dengan menjual produk orang lain, bisa dengan konsep dropship, reseller, kemitraan dengan produsen, atau sebagai afiliasi produk suatu vendor (affiliate marketing).

Contohnya: agen produk MLM, reseller produk herbal, agen perumahan & properti, agen travel, jual ebook orang lain, jual aplikasi software suatu vendor, dll.. dll.. banyak banget.

Sehingga pada tahap awal ini Anda tidak dibebani dengan biaya produksi yang besar dan kerugian pun bisa minimal. OK?

Tahapan kedua adalah membuat lapak online, yaitu website

cara membuat website untuk pemulaIni adalah tempat kita jualan online atau berpromosi di internet.

Untuk tahapan ini kita dapat memulai dari situs social media, aplikasi social chat, dan situs marketplace.

Contohnya bisa lewat Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, BBM, LINE, Bukalapak, Tokopedia, dan OLX.

Mengapa? Karena itu gratis dan bisa langsung kita manfaatkan untuk promosi dan jualan tanpa harus membuat sistem website nya, tampilannya, dan lain sebagainya.

Pilih channel yang sekiranya Anda nyaman dan kuasai, syukur-syukur bisa pakai semuanya. Tetapi kalau belum bisa ya saran saya minimal pelajari yang Facebook, Instagram, dan BBM.

Dan ketika Anda ingin lebih serius, Anda bisa mulai membuat website sendiri.

Nantinya, website ini akan kita jadikan sebagai lapak online atau workshop RESMI kita di dunia maya.

Dan enaknya lagi, kalau kita sudah memiliki website, ini bisa kita jadikan sebagai pusat tempat rujukan ketika kita hendak menyebar promosi online lewat social media, forum, marketplace, ataupun situs jualan lainnya.

Jadi kalau kita pasang status di social media, forum, dll, kan jadi lebih keren kalau di bagian bawah status tersebut kita kasih link menuju situs kita. Hehe, betul??

Kadang ini juga bisa dijadikan parameter apakah seseorang itu serius dalam menjalani bisnis online atau tidak. Dengan memiliki website, biasanya orang lain akan menjadi lebih mantab ketika hendak bertransaksi dengan kita.

Dalam proses pembuatan website, Anda akan lebih banyak berkutat dengan hal-hal yang sifatnya teknis, seperti belajar menginstal aplikasi website, dan mungkin sedikit belajar bahasa pemrograman web.

Tidak perlu khawatir, jangan buru-buru bilang saya gaptek, nggak ngerti teknologi, saya bukan anak kuliahan, dan kata-kata sejenis lainnya. Mengapa? Karena website yang akan kita buat adalah jenis website yang praktis, nggak pakai ribet. Istilah kerennya, tinggal “plug and play”… pasang lalu pakai…

Lagipula, disinilah tantangannya dalam berbisnis online.

Apabila Anda masih bingung, jangan khawatir, silahkan baca kumpulan tips cara membuat website di blog ini. 

Sampai disini dulu ya, nanti kita sambung ke tahap ketiga, yaitu mempromosikan lapak jualan kita.

  • Yuk, Bagikan/Share Artikel Ini:

Related Posts you may like