gambar link

Bagaimana Menghilangkan Wajah Bolong Bekas Jerawat?

Blog Onformula
pic Bagaimana Menghilangkan Wajah Bolong Bekas Jerawat?

"Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya," kata Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia.

Jerawat merupakan peradangan pada pori-pori kulit yang disebabkan oleh sumbatan sel-sel kulit mati, yang disertai dengan infeksi bakteri. Jerawat biasanya tumbuh pada bagian wajah di masa remaja dan dapat menghilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia. Sayangnya, ketika masih remaja, sebagian besar orang belum menyadari
mengenai hal ini dan kerap memencet jerawat. Akibatnya, muncul bekas jerawat berlubang atau jaringan parut karena proses penyembuhan yang tidak normal. Bekas jerawat yang berlubang/bolong tentu sangat mengganggu penampilan, terutama bagi wanita.

Wajah yang dipenuhi bekas jerawat akan mengurangi rasa percaya diri seseorang. Nah, bisakah wajah kembali mulus?

Menurut dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Centre, bolong-bolong di wajah disebabkan oleh jerawat yang dipencet. Akibatnya, kelenjar minyak yang ada di kulit lapisan dalam pecah dan menimbulkan luka yang biasa disebut sebagai jaringan parut.

Lebih lanjut dr Darma mengatakan tidak ada perawatan berupa krim atau losion yang mampu mengembalikan lubang bekas jerawat kembali seperti semula. Luka bekas jerawat
yang berlubang terjadi di bagian dalam kulit sehingga obat oles yang hanya menyentuh lapisan luar kulit tidak akan berpengaruh.

Meski begitu, dr Darma menjelaskan ada beberapa jenis perawatan yang bisa dilakukan, namun sifatnya hanya menyamarkan lubang agar tidak terlalu kelihatan.

Untuk menghilangkan bekas jerawat yang berwarna hitam yang tidak berlobang masih bisa ditangangi secara alami, dengan bahan-bahan berikut:

  • lidah buaya - memberikan efek memudarkan bekas jerawat, membantu meremajakan, dan melembabkan kulit
  • es batu - untuk bekas jerawat yang kemerahan atau meradang
  • jus lemon - diencerkan dengan air, berfungsi mengurangi noda kehitaman
  • madu - menyembuhkan bekas jerawat dan kemerahan akibat peradangan

Sedangkan untuk bekas jerawat yang membuat wajah bolong, berlubang, atau membentuk cekungan besar, dibutuhkan perawatan oleh dokter kulit, menggunakan prosedur medis. Ada beberapa prosedur medis yang bisa dilakukan untuk menghilangkan wajah bolong bekas jerawat, seperti :

1. laser

menghilangkan lubang bekas jerawat dengan laser

Dermatolog dapat menggunakan teknologi laser fractional untuk merangsang pembentukan kolagen kulit sehingga permukaan kulit dengan bekas jerawat tampak lebih rata. Ada dua jenis perawatan menggunakan laser, yaitu ablatif dan non ablatif. Perawatan laser ablatif yaitu dengan "menembakkan" laser pada bekas jerawat sehingga permukaan
kulit lebih halus. Sedangkan laser non-ablatif akan membantu mengaktifkan produksi kolagen tanpa mengganggu permukaan kulit.

Perawatan menggunakan laser mampu menembus kulit lapisan dalam dan menyamarkan bekas jerawat.

2. derma roller

cara menghilangkan bekas jerawat dengan dermaroller

Dermaroller merupakan kombinasi perawatan mekanik dan kimia. Alatnya berupa bagian semacam roda (roller) yang memiliki jarum-jarum yang kecil. Prinsip penggunaan dermaroller adalah melubangi kulit dengan ukuran dan kedalaman tertentu (mencapai lapisan dermis) agar bahan cream perawatan bisa langsung masuk ke lapisan dermis sehingga mempercepat pembentukan dan pertumbuhan lapisan kulit baru.

"Prinsipnya adalah membuat luka baru di tempat bekas jerawat. Penggunaan derma roller dapat membuat luka baru yang mengakibatkan adanya kontraksi kolagen dan menyamarkan bekas jerawat," urai dr Darma.

Cara ini lebih efektif dengan biaya yang masih terjangkau.


3. subsisi

perawatan lobang bekas jerawat dengan cara subsisi
Perawatan kedua adalah subcutaneus incision (teknik subsisi). Seperti dijelaskan sebelumnya, bekas jerawat yang berbentuk cekung terjadi akibat adanya tarikan dari jaringan parut di lapisan kulit dalam. Teknik subsisi memotong jaringan ini untuk mengurangi tarikan dan membuat lubang bekas jerawat tidak terlalu tampak.

Teknik ini sangat cocok untuk bekas jerawat jenis rolling. Lapisan kulit teratas diangkat dari jaringan bawah bekas jerawat, sehingga menimbulkan luka dan membuat darah memenuhi area tersebut. Gumpalan darah itu kemudian akan membentuk jaringan ikat dan membantu mendorong bekas luka.. Hal ini memungkinkan kulit wajah menjadi rata.

Caranya dengan memasukkan jarum yang agak besar, kemudian bagian bawah kulit seperti dicacah untuk melepaskan ikatan jaringan parut. Langkah perawatan seperti ini hanya boleh dilakukan oleh tenaga medis profesional.

4. filler

perawatan menghilangkan bekas jerawat berlobang dengan filler


Jika tak ingin menggunakan derma roller, laser atau teknik subsisi, dr Darma mengatakan bisa juga menggunakan filler. Filler berupa gel mengisi cekungan di lapisan kulit dalam dan mengangkat kulit yang cekung. Hanya saja suntikan ini biasanya memerlukan beberapa kali pengulangan.

"Tapi sekali lagi, perawatan-perawatan ini tidak bisa mengembalikan tekstur wajah kembali halus dan mulus. Sifatnya hanya menyamarkan untuk membuat bekas jerawat yang berlubang tidak terlalu tampak," terangnya.

Tindakan Pendukung Yang Harus Anda Ikuti 

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat sekaligus mencegahnya meninggalkan bekas :

  • Hindari sinar matahari langsung pada wajah yang berjerawat. Sebab sinar ultraviolet pada matahari dapat memperlambat proses penyembuhan sekaligus membuat kulit di sekitar bekas jerawat menjadi lebih gelap lantaran menstimulasi pigmentasi pada kulit. Gunakan krim tabir surya sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Anda juga disarankan untuk menggunakan aksesori pelindung tambahan seperti topi lebar.
  • Pertimbangkan kembali penggunaan vitamin E. Sebuah penelitian menyebutkan, mengoleskan vitamin E langsung pada bekas jerawat tidak memiliki dampak. Sebagian justru menunjukkan kondisi makin memburuk, tercatat sekitar 33% mengalami dermatitis kontak. Konsultasikan hal ini dengan dokter Anda.
  • Hindari memencet jerawat. Tindakan ini hanya akan membuat peradangan dan luka yang dapat menyebabkan bekas jerawat. Pada dasarnya bekas jerawat merupakan tindakan tubuh memperbaiki diri dengan produksi kolagen, akibat kehilangan kolagen dari peradangan. Memencet jerawat hanya akan menambah kadar kerusakan kolagen.
  • Untuk menghilangkan bekas jerawat membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Penting bagi Anda untuk menjalankan proses perawatan dengan kesabaran dan disiplin. Selalu konsultasikan dengan dokter atau dermatolog untuk pilihan perawatan yang paling tepat.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda mengatasi bekas jerawat yang menjengkelkan. Cream Herbal ini layak Anda coba untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

  • Yuk, Bagikan/Share Artikel Ini:

Related Posts you may like